Pages

Pengertian Desain, Fungsi, dan Tujuannya

           


Apakah kalian pernah mendesain sesuatu? Tanpa disadari, banyak hal di sekitar kita yang merupakan hasil dari sebuah desain, mulai dari grafis, pakaian, interior, dan lainnya.

Menurut kajian etimologi, desain berasal dari bahasa latin yaitu designare yang berarti membuat, membentuk, menandai atau mendesain. Kata “design” juga mengandung kata baru yang dibuat dalam bahasa Indonesia dari bahasa Inggris “design”.

Arti kata desain dalam Kamus Oxford adalah “rencana atau gambar yang dibuat untuk memperlihatkan penampilan dan fungsi suatu bangunan, pakaian atau benda lain sebelum benar-benar dibuat”. Selain itu, Oxford juga menawarkan definisi lain untuk desain yaitu “pola dekoratif”.

Jika ditelusuri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian desain adalah 1. kerangka bentuk; desain, 2. motif; pola; Pola.

Lalu, apa pengertian desain berdasarkan pendapat para ahli?

Menurut Bruce Nussbaum, profesor inovasi dan desain di Parsons The New School of Design New York, pengertian desain adalah sarana tambahan untuk mengimplementasikan inovasi dalam berbagai kegiatan industri dan bisnis.

Sedangkan pengertian desain dijelaskan lebih detail oleh dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Dudy Wiyancoko, yaitu desain adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, perencanaan proyek, penggambaran, rendering, perhitungan biaya, prototyping, frame . Pengujian, dan uji berkendara.

Jadi, secara umum pengertian desain adalah rencana atau rancangan yang dilakukan sebelum pembuatan suatu objek, sistem, komponen atau struktur.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa desain adalah proses perencanaan atau perancangan suatu objek dengan tujuan agar objek tersebut memiliki fungsi, nilai estetika dan berguna bagi manusia.

Ternyata desain juga berarti gambar atau objek yang dihasilkan, bukan sekedar proses. Selain itu, sesuatu yang dihasilkan oleh desain juga bisa berupa pola, pola atau gambar, bukan sekedar objek.

Fungsi desain

Desain sebagai seni terapan yang melibatkan penataan garis, bentuk, warna, ukuran dan nilai suatu objek memiliki beberapa prinsip.

Fungsi desain ada beberapa yaitu sebagai alat bantu dalam proses pembuatan objek baru. Kemudian sebagai wadah untuk menampilkan penampakan objek tertentu kepada publik dengan gambaran atau keadaan terkini.

Selain itu, desain berfungsi sebagai sarana bagi desainer untuk mengkomunikasikan ide atau kreasinya kepada publik. Terakhir, fungsi desain adalah untuk meningkatkan pengetahuan manusia agar dapat memahami bentuk gambar bidang, ruang, konfigurasi, komposisi, susunan, dan lain-lain.

Tujuan desain

Pada dasarnya tujuan utama perancangan adalah membantu manusia untuk merancang suatu objek agar dapat berguna bagi kehidupan manusia.

Selain itu, ada beberapa tujuan desain lainnya seperti membuat objek, sistem, struktur atau komponen yang berguna bagi manusia.

Kemudian, menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas hidup manusia. Bahkan desain yang dipadukan dengan unsur seni dan teknologi bertujuan untuk menciptakan kenyamanan, keindahan dan keamanan.

Emka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wa